Small2_jasa_maket_creator

Show your content

1 Agree Created
Default_avatar
Muhammad Arief 7 months ago

Latar Belakang Dunia Logistik


Latar Belakang Dunia Logistik

Dunia industri memang menjadi sektor utama dalam sebuah negara,karena dari situlah negara dapat memakmurkan rakyatnya. Hal tersebut dapatdikatakan sebagai negara yang maju apabila industrinya dapat berkembangdengan baik. Sebelum orde baru tahun 1966, ekonomi Indonesia berada padakeadaan yang stagnan, yang mana PDB tidak ada perkembangan, inflasi yangsignifikan, dan pendapatan per kapita menurun. Namun seusai pergantian ordelama ke orde baru, PDB mulai tumbuh sedikit demi sedikit, yang awalnya hanya5% pada tahun 1982 terus berkembang menjadi 7% pada tahun 1997. Masa ordebaru, industri manufaktur mengalami keterlambatan berkembang. Data BPS, nilaiproduksi yang dihasilkan indudtri manufaktur pada tahun 1969 tercatat hanya 1,42milliar dollar AS. Salah satu penyebabnya adalah devisa negara yang cukuprendah. Kemudian bertumuh mulai membesar mencapai angka 7,84 milliar dollarAS pada tahun 1983. Indonesia termasuk negara yang pertumbuhan ekonominyapesat khususnya pembangunan industri yang bisa berlangsung terus dalam jangkawaktu yang lama. Indonesia juga masuk pada kelompok negara Asia tenggara dantimur yang dijuluki “East Asian Economic Miracle”. Beberapa negara yangtermasuk dalam kelompok adalah, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Korea Selatan,Taiwan, Thailand dan Singapura, pada saat itu kemajuan ekonomi Indonesia diangggap sangat impresif terutama pada pencapaian pembangunan bidang industrinya(Badan Pusat Statistik, 2008).

Walaupun begitu sektor ekonomi di Indonesia harus di benahi terus.Tokoh ekonom menjelaskan bahwa perkembangan industri di Indonesia belummemiliki tujuan yang jelas. Oleh karena itu, bidang industri negeri bisa dikatakanbelum berkembang dengan baik. Selain itu, tidak adanya aturan yang tegas untukpara investor asing yang menjadikan mereka bisa leluasa untuk memberikanmodalnya disetiap sektor yang mereka kuasai. Dampaknya, daya saing industrinasional semakin melemah pada sektor yang telah mereka kuasai (KementerianPerindustrian, 2016).

Tak dapat di pungkiri di era yang semakin modern ini dapat memberikandampak yang besar bagi perkembangan ilmu ekonomi, yang di pengaruhi olehperkembangan teknologi yang sangat pesat. Misalnya dengan kejadian revolusiindustri yang dipelopori oleh James Watt dengan penemuan mesin uapnya, dapatmengubah tatanan masyarakat yang awalnya berorientasi agraris menjadiberorientasi industrialis. Hal ini ditandai dengan pembangunan pabrik-pabrikyang kini sudah tidak menggunakan tenaga manusia lagi malah beralih ke mesin,kapasitas produksi yang semakin besar dan meningkatnya kebutuhan masyarakat.Serta mewujudkan organisasi perusahaan, memproduksi barang, danmemperdagangkannya. Awalnya bisinis masih bersifat perdagangan kemudianberalih menjadi kapitalis. Revolusi pada dunia industri juga akan berdampakpenting dalam perkembangan ekonomi.

 

Zaman yang semakin maju sekarang ini bisa disebut juga dengan zamanglobalisasi atau zaman modernisasi. Modernisasi mencakup beberapa bidang didalamnya yaitu, pengetahuan dan teknologi. Zaman sekarang ini manusia sudahsemakin bergantung kepada teknologi. Teknologi bisa digolongkan sebagaikebutuhan dasar bagi manusia. Usia muda hingga tua, dari kalangan bawahhingga atas ikut serta dalam penggunaan teknologi yang semakin berkembang ini.Kebutuhan manusia akan teknologi didukung pula dengan perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat. Perkembanganteknologi akan terus berkembang hingga drastis dari sekarang dan terus akanmendunia. Seperti dalam sektor pengiriman barang dimana dahulu masyarakathanya mengenal PT. Pos Indonesia sebagai jasa pengiriman, baik surat menyuratmaupun pengiriman barang. Seiring berjalannya waktu bermunculan perusahaan –perusahaan yang bergerak di sektor pengiriman barang sehingga persaingansemakin sengit.

Produk kreatif Indonesia kian melesat seiring berkembangnya ecommerce atau bisnis digital. Pertumbuhan e-commerce yang sangat dahsyat akanmenempatkannya sebagai gaya hidup msyarakat kini. Hasil riset oleh idEA,Google Indonesia, dan TNS memperlihatkan bahwa tahun 2013 nilai pasar ecommerce indonesia mencapai angka 8 milliar dollar AS atau setara dengan 94,5trilliun rupiah. Berdasarkan data Kominfo (2016) pada tahun 2016 kenaikanmencapai 8,7 juta pembeli atau naik dari 7,4 juta di tahun 2015. Sementarapengguna internet pada tahun 2014 mencapai 88,1 dan naik di tahun 2015mencapai 93,4 juta pengguna. Tahun-tahun berikutnya diperkirakan akan semakin melonjak dari tahun sebelumnya. Perkembangan e-commerce yang begitu melesatjuga mempengaruhi kemajuan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidanglogistik dan pengiriman barang. Penguatan industri kreatif dapat mendorongbisnis di segmen logistik semakin baik. Pertumbuhan dan perkembangan yangdialami oleh perusahaan logistik dapat terjadi juga karena beberapa faktor yangmempengaruhinya, yaitu mobilitas orang semakin tinggi, maraknya online shopyang menggunakan perusahaan logistik untuk mengirim barang, dan pengirimanbarang yang mudah dan cepat (Assa, 2016).

 

Kunjungi juga konten lainnya :

Agree
Default_avatar
Muhammad Arief 7 months ago

KONSEP DASAR SISTEM


KONSEP DASAR SISTEM

Definisi Sistem

Dalam mendefinisikan sistem terdapat dua kelompok pendekatan yaitu menekankanpada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya.Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedurnya. Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk melakukan sasaran yang tertentu.
Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankanurutan-urutan operasi didalam sistem.Prosedur adalah urutan-urutan operasi yang biasanya melibatkan beberapa orangdidalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penangananyang seragam dari tansaksi-transaksi bisnis yang terjadi.Definisi-definisi prosedur :Suatu prosedur adalah urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yangmenerangkan apa (what) yang harus dikerjakan, siapa (who) yang mengerjakan,kapan (when) dikerjakan dan bagaimana (how) mengerjakannya.Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennyamendefinisikan sistem sebagai :Sistem adalah kumpulan-kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untukmencapai suatu tujuan tertentu.

Karateristik sistem yang baik

  1. KomponenSuatu sistem terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang saling berinteraksi,yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen sistem terdiridari komponen yang berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem.
  2. Batasan sistem (boundary)Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengansistem yang lain atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkansuatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batasan suatu sistem menunjukkanruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
  3. Lingkungan luar sistem (environment)Lingkungan luar sistem (environment) adalah diluar batas dari sistem yangmempengaruhi operasi sistem. Lingkungan dapat bersifat menguntungkan yang harus tetap dijada dan yang merugikan yang harus dijaga dan dikendalikan, kalautidak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
  4. Penghubung sistem (interface)Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsitem dengansubsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber dayamengalir dari subsistem ke subsistem lain. Keluaran (output) dari subsitem akanmenjadi masukkan (input) untuk subsistem lain melalui penghubung.
  5. Masukkan Sistem (input)Masukkan adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem, yang dapat berupaperawatan (maintenace input), dan masukkan sinyal (signal input). Maintenace inputadalah energi yang dimasukkan agar sistem dapat beroperasi. Signal input adalahenergi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Contoh dalam sistem komputerprogram adalah maintenance input sedangkan data adalah signal input untuk diolahmenjadi informasi.
  6. Keluaran sistem (output)Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadikeluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Contoh komputer menghasilkan panasyang merupakan sisa pembuangan, sedangkan informasi adalah keluaran yangdibutuhkan.
  7. Pengolah sistemSuatu sistem menjadi bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadikeluaran. Sistem produksi akan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, sistemakuntansi akan mengolah data menjadi laporan-laporan keuangan.
  8. Sasaran sistemSuatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Sasaran darisistem sangat menentukan input yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akandihasilkan sistem.
 

Definisi Informasi


Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berartibagi penerimanya. Sumber informasi adalah data. Data kenyataan yang menggambarkansuatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah kejadianyang terjadi pada saat tertentu.
Siklus Informasi
Data yang diolah untuk menghasilkan informasi menggunakan model proses yangtertentu.Misalkan suhu dalam fahrenheit diubah ke celcius.Dalam hal ini digunakan model matematik berupa rumus konversi dari derajat fahrenheitmenjadi satuan derajat celcius. Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi,kemudian penerima menerima informasi tersebut, yang berarti menghasilkan keputusandan melakukan tindakan yang lain yang akan membuat sejumlah data kembali. Datatersebut akan ditangkap sebagai input, diproses kembali lewat suatu model danseterunya yang disebut dengan siklus informasi (information cycle). Siklus ini jugadisebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycles).

 

 

Kunjungi juga konten lainnya :
 

Agree
Default_avatar
Muhammad Arief 7 months ago

Kebijakan Ekonomi dan Perdagangan Internasional


Kebijakan Ekonomi & Perdagangan Internasional


Kebijakan ekonomi internasional dalam arti luas meliputi semua kegiatan ekonomi pemerintah suatu negara yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi komposisi, arah dan kegiatan ekspor impor barang dan jasa yang dilaksanakan oleh pemerintah tersebut. Karena itu, sekalipun suatu kebijakan ditujukan untuk mengatasi pemasalahan dalam negeri, tapi bila secara langsung atau tidak langusng berpengaruh terhadap ekspor dan impor maka dapat dimasukkan dalam kebijakan ekonomi internasional. Kebijakan ekonomi internasional dalam arti sempit yaitu hanya meliputi kebijakan yang langsung mempengaruhi ekspor dan impor. Kebijakan internasional dalam arti sempit ini berkaitan dnegan ekspor barang dan jasa, oleh karena itu cakupannya sangat luas mengingat banyaknya barang atau jasa yang diekspor maupun diimpor, mulai dari barang konsumsi, produksi sampai pada tenaga kerja. Jadi, kebijakan ekonomi internasional adalah keseluruhan tindakan pemerintah suatu negara yang bertujuan untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan negaranya dengan melalui kegiatan yang mendorong ekspor dan mengatur/mengendalikan impor. Keseluruhan tindakan tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung akan memperoleh komposisi, arah serta bentuk dari perdagangan dan pembayaran internasional.  


Instrumen Kebijakan Ekonomi Internasional Meliputi:

  1. Kebijakan perdagangan internasional mencakup tindakan/kebijakan pemerintah terhadap perdagangan luar negerinya, khususnya mengenai ekspor dan impor barang/jasa, misalnya pengenaan tarif terhadap barang impor, bilateral, trade agreement, pengenaan kuota impor dan ekspor, dll.
  2. Kebijakan pembayaran internasional adalah mencakup tindakan pemerintah terhadap pembayaran internasional, misalnya pengawasan terhadap lalu lintas devisa, pengaturan lalu lintas modal jangka panjang
  3. Kebijakan bantuan luar negeri adalah tindakan pemerintah yang berhubungan dengan bantuan (grants), pinjaman/hutang (loans), bantuan untuk rehabilitasi serta pembangunan, dll.

 

Tujuan Kebijakan Ekonomi Internasional Antara Lain:
  1. Autarki, tujuan ini sebenarnya bertentangan dengan prinsip perdagangan internasional. Tujuan autarki bermaksud untuk menghindarkan dari pengaruh-pengaruh negara lain baik pengaruh ekonomi, politik atau militer.
  2. Kesejahteraan (welfare), tujuan ini bertentangan dengan autarki di atas. Dengan mengadakan perdagangan internasional suatu negara akan memperoleh keuntungan dari adanya spesialisasi dan kesejahteraan meningkat. Maka untuk mendorong perdagangan internasional, hambatan/restriksi dalam perdagangan internasional seperti tarif, kuota, dsb akan dihilangkan atau paling tidak dikurangi. Hal ini berarti mengarah ke perdagangan bebas.
  3. Proteksi, tujuannya untuk melindungi industri dalam negeri dari persaingan barang impor. Kebijakan dapat berupa tarif atau kuota impor
  4. Keseimbangan neraca pembayaran, terutama bagi negara yang mengalami defisit dalam neraca pembayarannya, posisi cadangan valuta asingnya lemah. Maka diperlukan kebijakan ekonomi internasional guna menyeimbangkan neraca pembayaran internasionalnya. Kebijakan ini ummnya berbentuk pengawasan devisa (exchange control). Pengawasan devisa tidak hanya mengatur/mengawasi lalu lintas tapi juga modal.
  5. Pembangunan ekonomi untuk menunjang pembangunan ekonomi suatu negara pemerintah dapat mengarahkan perdagangan internasional.
 
Kebijakan Tarif dan Non-Tarif
Kebijakan hambatan tarif (tariff barrier) adalah suatu kebijakan proteksionis terhadap barang– barang produksi dalam negeri dari ancaman membanjirnya barang-barang sejenis yang diimpor dari luar negeri, dengan cara menarik/mengenakan pungutan bea masuk kepada setiap barang impor yang masuk untuk dipakai/dikonsumsi habis di dalam negeri.

Tarif adalah pajak yang dikenakan terhadap barang yang diperdagangkan. Efek kebijakan ini terlihat langsung pada kenaikan harga barang. Tarif yang paling umum adalah tarif atas barang-barang impor atau yang biasa disebut bea impor. Tujuan dari bea impor adalah membatasi permintaan konsumen terhadap produk-produk impor dan mendorong konsumen menggunakan produk domestik. Semakin tinggi tingkat proteksi suatu negara terhadap produk domestiknya, semakin tinggi pula tarif pajak yang dikenakan.

 


 

Lihat juga konten lainnya:

Agree
Default_avatar
Muhammad Arief 7 months ago

TUJUAN UMUM PENGEMBANGAN SISTEM


TUJUAN UMUM PENGEMBANGAN SISTEM


  •  Perlunya pengembangan sistem
Pengembangan sistem dapat berarti menyusun sistem yang baru untuk menggantikansistem lama secara keseluruan atau memperbiki sistem yang telah ada.Sistem lama perlu diperbaiki atau diganti karena beberapa hal :

Adanya permasalahan-permasalahan yang timbul dari sistem lama, misalnya :

    • Ketidakberesan Ketidakberesan dalam sistem lama menyebabkan sistem lama tidak beroperasisesuai dengan yang diharapkan.
    • Pertumbuhan organisasi Pertumbuhan organisasi diantaranya adalah kebutuhan informasi yang semakinluas, volume pengolahan data semakin meningkat, perubahan prinsip akuntansi.
  • Untuk meraih kesempatan-kesempatan
Organisasi mulai merassakan kebutuhan sistem informasi sehingga dapatmendukung proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen.

 

  • Adanya instruksi
Penyusunan sistem baru karena adanya instrusi-instruksi dari atasan atau luarorganisasi misalnya aturan pemerintah.Dengan adanya pengembangan sistem dari yang lama ke baru diharapkan terjadipeningkatan-peningkatan sistem yang baru antara lain :
  1. Performance (kinerja), kinerja sistem beru lebih efektif. Kinerja dapat diukur dari jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan suatu saat tertentu. Respon time adalah ratarata waktu yang tertunda diantara dua transaksi atau pekerjaan ditambah dengan waktu response untuk menanggapi pekerjaan tersebut.
  2. Information (informasi), peningkatan kualitas informasi yang disajikan.
  3. Economy (ekonomi), peningkatan terhadap manfaat-manfaat atau keuntungankeuntungan atau penurunan biaya yang terjadi.
  4. Control (pengendalian), peningkatan terhadap pengendalian untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan serta kecurangan yang akan terjadi.
  5. Eficiency, peningkatan terhadap efisiensi operasi. Efisiensi berbeda dengan ekonomis, ekonomis berhubungan dengan jumlah sumber daya yang digunakan, efisiensi berhubungan dengan bagaimana sumberdaya tersebut digunakan dengan pemborosan yang minimum.
  6. Service (pelayanan), peningkatan terhadap pelayanan yang diberikan oleh sistem.
 


 

Kunjungi juga konten lainnya :

Agree
Default_avatar
Muhammad Arief 7 months ago

Pengertian Impor Barang Adalah

TINJAUAN UMUM TENTANG IMPOR BARANG


Pengertian Impor Barang Adalah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia impor dapat diartikan sebagai pemasukanbarang dan sebagainya dari luar negeri.21 Pengertian yang hampir sama juga terdapatdalam Kamus Umum Bahasa Indonesia bahwa impor dimaknai sebagai hal terkaitdengan pemasukan barang dagangan dari negeri asing.22 Sedangkan dalam Black’sLaw Dictionary dikatakan bahwa import is a product brought into a country from aforeign country where it originated.

Pengertian impor sebagaimana dikemukakan di atas merupakan pengertiansecara terminologis. Dari pengertian tersebut, selanjutnya mendapat pengertian yanglebih luas sebagaimana dikemukakan oleh Djauhari Ahsjar dimana pengertian imporadalah memasukan barang dari luar negeri kedalam wilayah pabean Indonesia denganmemenuhi ketentuan yang berlaku.24 Selanjutnya, Hamdani juga mengartikan imporsebagai membeli barang dari luar negeri ke dalam peredaran Republik Indonesia dan barang yang dibeli tersebut harus dilaporkan kepada Direktorat Jenderal Bea danCukai Departemen Keuangan.

Pada bagian lain, menurut Amir MS pengertian impor adalah memasukkanbarang-barang dari luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah ke dalamperedaran dalam masyarakat yang dibayar dengan valas.26 Dalam ketentuan Pasal 1angka 18 Undang-Undang Perdagangan ditentukan bahwa impor adalah kegiatanmemasukkan barang kedalam wilayah pabean.

 


Pengertian impor di atas tidak dapat dilepaskan dengan barang. Untuk lebihmemahami pengertian “barang”, terlebih dahulu akan diuraikan pengertian “barang”sebagaimana dirujuk dalam kamus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, barangadalah benda umum (segala sesuatu yang berwujud atau berjasad).27 Sedangkanpengertian barang menurut Fandy Tjiptono adalah produk yang berwujud fisiksehingga dapat bisa dilihat, disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dan perlakuan fisiklainnya.28 Dalam ketentuan Pasal 1 Angka 5 Undang-Undang Perdaganganmenyatakan bahwa barang adalah setiap benda, baik berwujud maupun tidakberwujud, baik bergerak maupun tidak bergerak, baik dapat dihabiskan maupun tidakdapat dihabiskan, dan dapat diperdagangkan, dipakai, digunakan, atau dimanfaatkanoleh konsumen atau Pelaku Usaha.

Sebagaimana uraian pengertian impor dan barang yang telah dipaparkan diatas,baik pengertian yang diberikan oleh para sarjana ataupun pengertian yang dinyatakandalam Undang-Undang, maka pengertian impor barang dapat dimaknai sebagai suatukegiatan memasukkan barang dari luar negeri kedalam wilayah pabean Indonesiadengan memenuhi ketentuan yang berlaku.


 

Kunjungi juga konten lainnya:

Agree
Default_avatar
Muhammad Arief 7 months ago

Kegiatan Ekonomi dan Bisnis Ekspedisi


Kegiatan Ekonomi dan Bisnis Ekspedisi


Dalam kehidupan ini manusia merupakan makhluk yang memilikikebutuhan. Manusia melaksanakan berbagai kegiatan ekonomi dalammemenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan ini kebutuhan manusiadibagi atas kebutuhan material dan nonmaterial. Dalam memenuhi kebutuhanmanusia membutuhkan barang dan jasa. Manusia memerlukan ilmu ekonomiuntuk memenuhi kebutuhannya. “Ilmu ekonomi adalah studi tentangbagaimana individu dan masyarakat mengalokasikan sumberdaya langka(scarce resources) yang diberikan oleh alam dan oleh generasi sebelumnya.

Latar belakang berdirinya bisnis ekspedisi

Ada banyak hal yang dapat menjadi latar belakang berdirinyabisnis ekspedisi. Faktor letak geografis dan kebutuhan manusia merupakanpenunjang berdirinya bisnis ekspedisi. Kebutuhan manusia dan letakgeografis merupakan peluang yang menguntungkan bagi manusia sebagaitrobosan baru untuk menciptakan lapangan pekerjaan.Faktor jarak dan ruang memisahkan manusia satu dengan manusialainnya menjadi peluang usaha bagi perusahaan untuk mendirikan sebuahbisnis dibidang ekspedisi dan logistik. Hal ini disebabkan karena manusia membutuhkan sarana transportasi di dalam melaksanakan pengiriman barang.

Manusia tidak selalu bisa menyelesaikan permasalahan ekspedisisendiri. Pertimbangan biaya, waktu, dan tenaga menjadi pertimbanganmanusia dalam menyelesaikan masalah pengiriman barang sendiri. Haltersebut menjadi sebuah peluang bagi pengusaha dalam mengembangkanbisnis ekspedisi.Bisnis ekspedisi merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam halpengiriman barang dan logistik. Dalam bisnis ekspedisi, perusahaanmembutuhkan jasa transportasi. Dalam perusahaan ekspedisi, jasatransportasi tidak selalu dimiliki sendiri. Biasanya perusahaan bekerjasamadengan beberapa penyedia jasa transportasi seperti perusahaanpenerbangan dan PJKA.

 


Manfaat bisnis ekspedisi


Sebagai bisnis yang bergerak dalam bidang jasa, bisnis ekspedisimemiliki beberapa manfaat. Adapun manfaat tersebut antara lain adalahsebagai berikut:
  • Bisnis ekspedisi mempercepat proses pengiriman barang. Bisnisekspedisi bekerjasama dengan banyak pihak yang bergerak dalambidang transportasi. Hal ini menjadi kemudahan bagi masyarakat yangmenggunakan jasa ekspedisi dalam hal pengiriman barang.
  • Bisnis ekspedisi meminimalisir biaya pengiriman. Dibandingpengiriman yang dilakukan pribadi, penggunaan jasa ekspedisi dipandang lebih murah. Hal ini dikarenakan bisnis ekspedisibekerjasama dengan penyedia jasa transportasi sehingga pengirimtidak perlu membiayai satu persatu sarana transportasi karena prosesadministrasi lebih mudah.
  • Bisnis ekspedisi menyerap tenaga kerja. Bisnis ekspedisimembutuhkan beberapa sumber daya manusia dalam mengerjakanadministrasi, pembukuan, pengiriman, dan keamanan barang diberbagai pos pengiriman.
 


Kunjungi juga link lainnya :
  1. Ekspedisi Surabaya ke Tobelo
  2. Ekspedisi Surabaya ke Masohi
  3. Ekspedisi Surabaya ke Gorontalo
  4. Ekspedisi Surabaya ke Ternate
  5. Ekspedisi Surabaya Makassar
  6. Ekspedisi Surabaya ke Jayapura
  7. Cargo Surabaya ke Kupang
  8. Cargo Murah Surabaya ke Ambon
  9. Ekspedisi Surabaya ke Maluku
  10. Expedisi Kapal Laut Surabaya Sorong Papua
  11. Jasa Pengiriman Barang ke Papua
  12. Kirim Barang Lewat Kapal Pelni
  13. Kirim Motor Lewat Kapal Laut
  14. Kirim barang ke Papua
  15. Ekspedisi Jakarta Ambon
  16. Ekspedisi Surabaya Ambon
  17. Jasa Pembuatan Maket
  18. Jasa Maket
  19. Jual Airsoft Gun
  20. Jual Airsoft Gun Jakarta
  21. Creator Media

Agree
Default_avatar
tolamim509 tolamim509 2 months ago

I was suggested this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You are wonderful! Thanks!Nice blog here! Also your web site loads up fast! What web host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my website loaded up as quickly as yours lol Jewel Ler's answer to Is the Moroccan Pouf Ottoman made of leather? - Quora

Agree